SELAMAT DATANG DI ONLYGIVEINFORMATION.BLOGSPOT.COM

Minggu, 17 Juni 2012

SEDIKIT INFO TENTANG PENTAGON

Arsitek : George Bergstrom
Lokasi : Arlington, Virginia, near Washington, D.C.
Lama Pembuatan : 1941 - 1943
Tipe Bangunan : Gedung Pemerintahan
Sistem Konstruksi : Reinforced concrete outer walls, wood framing dan slate roof
Style : Bangunan Neo-classical
Kegunaan : Kantor dari Departemen Pertahanan AS (U.S Department of Defense)
Peresmian : Diresmikan oleh Presiden Franklin D. Roosevelt


Gedung Pentagon adalah gedung Departemen Pertahanan AS di Arlington, Virginia dekat Washington D.C., yang berbentuk segi lima (bahasa Yunani: pentagon). Pentagon adalah kantor utama angkatan bersenjata AS.

Pentagon oleh banyak pihak dilihat sebagai salah satu gedung yang dirancang secara efisien. Sistem gang di dalam gedung ini panjangnya ada 28 kilometer dan luasnya ada 11 hektare. Namun setiap tempat di dalam gedung ini bisa dicapai dalam waktu tujuh menit dengan jalan kaki.

Pentagon dibangun pada saat Perang Dunia II. Pembangunan dimulai pada tanggal 11 September 1941. Pada 1943, 18 bulan setelah dimulai, gedung ini selesai. Presiden Roosevelt mengira bahwa gedung ini hanyalah gedung sementara saja dan setelah PD II akan dipakai sebagai gedung Arsip Nasional. Pada tahun 1998 gedung ini direnovasi.

Pada saat "Serangan 11 September 2001", pesawat American Airlines Penerbangan 77 ditabrakkan ke gedung ini. Namun bisa dikatakan sebuah keberuntungan dalam musibah, tempat yang ditabrak adalah tempat yang baru direnovasi. Setelah peristiwa ini, renovasi dilanjutkan dan diperkirakan selesai pada tahun 2008.

Markas Departemen Pertahanan, Pentagon merupakan salah satu bangunan kantor terbesar di dunia. Ukurannya dua kali ukuran Merchandise Mart di Chicago, dan tiga kali ruang lantai Empire State Building di New York. Sangat sedikit orang di seluruh Amerika Serikat yang memiliki pengetahuan tentang Pentagon. Karena memang kantor ini agak 'tertutup' untuk warga sipil.

Pentagon memiliki sekitar 23.000 karyawan, baik militer maupun sipil. Orang-orang ini datang setiap hari dari Washington, DC dan sekitarnya Jaraknya sekitar 30 mil dari jalan raya, termasuk jalur bus ekspres dan salah satu sistem kereta bawah tanah terbaru. Luas lapangan parkirnya 200 hektar. Bisa menampung sekitar 8.770 mobil di 16 sektor tempat parkir; terdapat 131 tangga menuju gerbang atau naik 19 eskalator untuk mencapai kantor yang mempunyai luas 3.705.793 meter persegi. Di dalam bangunan, terdapat jam dinding sekitar 4.200 buah, 691 tempat minum dari air mancur, 284 kamar kecil, 4 dapur, 500 cangkir kopi, 1.700 liter susu dan 6.800 minuman ringan diolah atau dilayani oleh staf restoran sebanyak 230 orang. Semua makanan disediakan dalam 1 ruang makan, 2 kafetaria, 6 bar makanan ringan, dan bar snack udara terbuka. Layanan restoran dikelola oleh sipil swasta di bawah kontrak Pentagon.

Lebih dari 200.000 panggilan telepon datang setiap hari melalui telepon yg dihubungkan dengan 100.000 mil kabel telepon. Divisi Kantor Pos menangani sekitar 1.200.000 lembar surat setiap bulan. Perpustakaan Pentagon sendiri menyediakan 300.000 publikasi dan 1.700 majalah dalam berbagai bahasa.

Gedung Pentagon sendiri merupakan struktur yang luar biasa. Dibangun pada tahun-tahun awal Perang Dunia II, masih dianggap sebagai salah satu gedung perkantoran paling efisien di dunia. Hanya membutuhkan tujuh menit untuk berjalan menyebrang di antara dua titik di dalam gedung.

Pondasi awalnya adalah tanah tandus. 5,5 juta meter kubik bata, dan 41.492 tiang beton dibuat pada pondasi bangunan. Selain itu, 680.000 ton pasir dan kerikil, dikeruk dari Sungai Potomac di dekatnya, yang diolah menjadi 435.000 meter kubik beton dan dibentuk menjadi bentuk Pentagon. Bangunan ini dibangun dalam waktu sangat singkat 16 bulan dan selesai pada tanggal 15 Januari 1943 di dengan biaya perkiraan $ 83.000.000. Investasinya kembali dalam waktu 7 tahun.

Gedung Pentagon yang terkenal banyak menyimpan "misteri" ternyata juga peduli lingkungan. Buktinya mereka telah menyiapkan anggaran untuk mengganti semua lampunya dengan lampu jenis LED dengan total sebanyak 4.000 
lampu LED. Penggunaan lampu LED ini sendiri nantinya dapat mengurangi pemakaian penggunaan daya listrik sampai 22% dan akan "balik modal" dalam waktu 4 tahun.

Markas Departemen Pertahanan, Pentagon merupakan salah satu bangunan kantor terbesar di dunia. Ukurannya dua kali ukuran Merchandise Mart di Chicago, dan tiga kali ruang lantai Empire State Building di New York. Sangat sedikit orang di seluruh Amerika Serikat yang memiliki pengetahuan tentang Pentagon. Karena memang kantor ini agak 'tertutup' untuk warga sipil.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar